Apakah Cabe Ungu Bisa Dimakan atau Tidak?

Apakah Cabe Ungu Bisa Dimakan atau Tidak?

Memiliki rasa pedas cabe ternyata mampu memberikan sensasi tersendiridi lidah penikmatnya. Ada banyak sekali jenis cabe yang bisa kita konsumsi dan gunakan sebagai bahan makanan. Misalnya saja cabe keriting, cabe hijau, cabe rawit, dan cabe-cabe lainnya.

Banyaknya jenis cabe mampu membuat varietas cabe semakin bertambah sehingga mampu melahirkan beberapa jenis cabe lainnya. Misalnya saja cabe ungu yang memiliki warna ungu dan sering dianggap sebagai cabai hias.

Cabe ungu sering disebut sebagai cabe jepang karena berasal dari Negara Jepang. Meski demikian, cabe ini mampu tumbuh subur di Indonesia. Jika kita lihat sekilas, cabe ini memiliki bentuk yang sama seperti cabe rawit pada umumnya. Hanya saja cabe ungu memiliki warna ungu seperti namannya.

Bagi beberapa kalangan pecinta tanaman hias atau hidroponik tanaman satu ini tidak terdengar asing. Namun, bagi beberapa kalangan umum, masih banyak yang belum mengetahui cabe jenis ini.

Jika cabe lainnya bisa dikonsumsi, apakah Cabe Ungu Bisa Dimakan? Yuk simak penjelasan berikut ini!

Ciri-Ciri Cabe Ungu

Cabe ungu memiliki bentuk yang tidak asing dengan cabe yang sering kita jumpai. Dimana tanaman ini memiliki bentuk pohon dengan daun hijau seperti cabe rawit. Bahkan, jika Anda melihat pohon ini saat masih kecil maka Anda tidak akan bisa membedakan kedua jenis cabe tersebut.

Saat sudah mulai berbunga dan berbuah, maka Anda akan mengetahui jika jenis cabe tersebut adalah cabe ungu. Biasanya buah ini tumbuh bergerombol dan memiliki warna ungu muda. Bagi beberapa orang, warna yang unik tersebut menjadikannya sebagai tanaman hias.

Terlebih lagi, perawatan cabe ini juga sangat mudah dari jenis cabe lainnya. Cabe ungu ini bernama purper tiger karena mamiliki warna ungu yang kuat dengan berbagai macam penyakit.

Apakah Cabe Ungu Bisa Dimakan atau Tidak?

Pada dasarnya, semua jenis cabe bisa kita konsumsi, karena memang pada dasarnya cabe untuk dikonsumsi. Hanya saja, beberapa cabe memiliki bentuk dan juga warna yang unik sehingga sayang untuk dimakan.

Bahkan sebagian orang menjadikan beberapa jenis cabe sebagai hiasan di rumah atau di perjual belikan sebagai tanaman hias. Padahal, cabe ungu ini memiliki rasa yang sama persis dengan cabe rawit yang biasa kita konsumsi.

Oleh karena itu, Anda jangan ragu untuk memakan atau menggunakan cabe ini menjadi bumbu masakan.

Manfaat Cabe Ungu

Apakah Cabe Ungu Bisa Dimakan atau Tidak?

Ternyata, cabe ungu memiliki banyak manfaat jika Anda mengonsumsinya. Salah satunya yaitu sebagai antioksidan yang cukup besar karena memiliki kandungan antosianin. Selain itu, cabe ungu juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan, misalnya saja :

Menyembuhkan Luka

Tidak kalah dengan jenis cabe lainnya dan buah buahan seperti semangka, manga, jeruk, dan pepay, cabe ungu memiliki kandungan vitamin C dan betakarotin yang cukup tinggi. Oleh karena itu, Anda memiliki luka terbuka dengan mengonsumsi cabe ungu akan membantu menyembuhkan luka tersebut.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menjadikan cabe ungu sebagai penyembuhan luka terbuka. Caranya yaitu dengan mengeringkan cabe ungu, tumbuk sampai lembut hingga menjadi bubuk cabe.

Saat dibutuhkan, Anda hanya perlu menaburkan bubuk cabe ungu tersebut pada bagian luka yang terbuka. Jangan khawatir, meski cabe terasa pedas saat dimakan namun saat digunakan untuk menyembuhan luka tidak akan terasa perih.

Dengan pemakaian rutin, perlahan-lahan rasa perih dan nyeri pada luka akan semakin berkurang sehingga luka akan lebih cepat kering dan sembuh.

Mencegah Aterosklerosis

Selain Cabe Ungu Bisa dimakan ternyata juga memiliki kandungan zat capsaicin yang mampu menurunkan kadar lemak yang ada dalam darah. Sehingga dapat mengurangi penyumbatan lemak yang telah tertumpuk pada pembuluh darah.

Penumpukan lemak pada pembuluh darah juga disebut sebagai aterosklerosis yang berakibat fatal dengan tersumbatnya aliran darah ke seluruh tubuh. Hal inilah yang memicu penyakit stroke.

Dengan mengonsumsi cabe ungu secara rutin, maka hal itu dapat mengurangi resiko stoke yang terjadi karena aterosklerosis.

Menurunkan Berat Badan

Siapa sangka, jika cabe mampu menurunkan berat badan? Ternyata, kandungan capcaisin yang terkandung dalam cabe ungu mampu menurunkan berat badan dengan cara perubahan energi panas.

Saat memakan cabe dan merasa pedas, maka tubuh akan mengeluarkan keringat sehingga ini akan membantu proses pembakaran lemak. Selain itu, cabe ungu mampu memperlancar peredaran darah yang akan mendukung penurunan berat badan.

Jika proses metabolism tubuh lancar maka funsgi organ tubuh akan meningkat dengan baik. Zat sisa makanan dan lemak yang tidak terpakai akan dibuang melalui saluran pencernaan. Oleh karena itu, jika Anda sedang menjalankan program diet penting untuk mengonsumsi cabe.

Menangkal Radikan bebas

Manfaat lainnya dari cabe ungu yaitu mampu menyerap partikel radikal bebas yang berasal dari makanan junk food, udara yang kita hirup, dan partikel kotor lainnya. Hal ini karena cabe ungu memiliki kandungan capsaicin yang berfungsi sebagai antoksidan.

Antioksidan inilah yang akan berfungsi membersihkan tubuh Anda dari berbagai macam kotoran pastikel yang masuk. Sehingga tubuh Anda akan lebih sehat dan bisa menjalankan aktifitas dengan mudah.

Baca juga: Cara menanam cabe di rumah

Mengurangi Resiko Kanker

Mengonsumsi cabe ungu juga dapat mengurangi resiko terjadinya kanker dengan cara menghambat pertumbuhan sel kanker. Capcaisin dan vitamin C yang terdapat pada cabe ungu mampu menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar dan juga kanker prostat.

Selain itu, kandungan likopen pada cabe ungu mampu menghambat pertumbuhan sel kanker kandung kemih dan kanker leher Rahim.

Meningkatkan Nafsu Makan

Rasa pedas cabe akan membuat sensasi nikmat pada mulut saat memakannya. Tak heran, jika banyak orang yang ketagihan memakan sehingga nafsu makannya akan semakin meningkat karena rasa makanan akan semakin nikmat.

Rasa nikmat itulah yang membuat orang terus tambah dan tambah lagi makannya. Oleh karena itu, tidak jarang jika cabe sering terpakai sebagai makanan pendamping makanan. Cabe Ungu Bisa Dimakan dan juga bisa menambah nafsu makan Anda seperti cabe pada umumnya.

Baca juga: Pupuk untuk mempercepat pertumbuhan

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Memiliki kandungan vitamin C dan Antioksidan yang tinggi, cabe merah dapat mampu meningkatkan imunitas tubuh. Antibakterial yang terkandung dalam cabe ungu ini juga akan mempertahankan kekebalan tubuh dari paparan patogan yang terjadi karena penyakit.

Jika kekebalan tubuh Anda meningkat, tentu saja hal itu bisa membuat tubuh menjadi kebal dari berbagai macam virus dan penyakit bukan?

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Berbagai penyakit kognitif seperti demensia dan Alzheimer sering terjadi pada beberapa orang. Penyakit tersebut biasanya akan menyerang orang yang telah berusia lanjut. Untuk mencegah kedua penyakit tersebut, maka tak ada salahnya jika Anda mengonsumsi cabe ungu.

Kandungan mineral, vitamin, dan zat bergizi lainnya mampu mencegah timbulnya penyakit di usia lanjut tersebut. Hanya saja, jangan mengonsumsi cabe ungu ini secara berlebihan dan konsumsi dengan cukup saja.

Adanya zat antioksidan, mineral, vitamin, dan kandungan lainnya mampu melancarkan peredaran di metabolism tubuh. Oleh karena itu, jika Anda mengonsumsi cabe ini sebagai asupan makananan maka kedua penyakit kognitif yang terjadi pada usia lanjut bisa kita cegah dengan mudah.

Baca juga: Jenis tanaman cabe yang terkenal

Kesimpulan dan Penutup

Jadi, meski memiliki warna yang unik yaitu berwarna ungu cabe ini masih bisa kita makan dengan aman ya! Bahkan rasanya juga pedas seperti layaknya cabe pada umumya, meski tidak sepedas cabe rawit. Jadi, jika Anda ingin menggunakannya sebagai masakan atau langsung mengonsumsinya pun tidak ada masalah.

Itulah penjelasan mengenai Cabe Ungu Bisa Dimakan yang akan menjawab keraguan Anda. Semoga dengan adanya artikel ini Anda akan merasa terbantu. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar cabe ungu atau jual cabe hias silahkan menghubungi kami.

About the author

Saya merupakan petani yang fokus dalam dunia digital, selain itu saya juga memiliki hoby membudidayakan tanaman terutama jenis jenis cabe hias.

Leave a Comment

Alamat Kami

Dsn. Genting,
Ds. Rogomulyo, Kec. kaliwungu,
Kab. Semarang