Manfaat Dan Risiko Cabe Carolina Reaper

Manfaat Dan Risiko Cabe Carolina Reaper

Cabai ini ditemukan oleh para ilmuwan yang tergila-gila pada cabai dan dia adalah pemilik PuckerButt Pepper Company di South Caroline, Amerika Serikat. Perusahaan fokus mengembangkan tingkat kepedasan cabai dan juga merupakan toko sayur dan produsen produk cabai. ia menemukan cabai carolina reaper dengan mengawinkan 9 jenis cabai asia dan 1 cabai dari karibia. Cabai ini berasal dari Amerika Serikat dan cabai ini dinobatkan sebagai salah satu cabai terpedas di dunia. Cabe Carolina Reaper merupakan jenis cabai yang memiliki bentuk bulat, kulit keriput dan memiliki warna merah cerah serta terdapat ekor pada bagian bawah cabai yang menyerupai bentuk ekor kalajengking, ekor ini memberikan efek menyengat bila dikonsumsi.

Manfaat Dan Risiko Cabe Carolina Reaper

Cabai rawit ini memiliki rasa pedas yang sangat menyengat. Bagaimana tidak, cabai ini memiliki tingkat kepedasan 1.600.000 SHU hingga 2.200.000 SHU. Jika dibandingkan dengan cabai rawit yang hanya memiliki tingkat kepedasan 50.000 hingga 150.000, carolina reaper sudah pasti jauh lebih pedas. Bayangkan betapa pedasnya, mengkonsumsi 1 carolina reaper sama dengan mengkonsumsi sekitar 14 cabai rawit. Bahkan, cabainya sangat pedas sehingga Anda harus menggunakan sarung tangan untuk menyentuhnya karena jika cabai bersentuhan langsung dengan kulit dapat menyebabkan luka bakar pada permukaan kulit.

Cabe Carolina Reaper Cabai Terpedas Di Dunia

Jika Anda sangat menyukai rasa pedas dari cabai ini, maka cobalah untuk mengonsumsi cabai terpedas di dunia yang bernama Carolina Reaper. Cabai ini memiliki predikat sebagai cabai terpedas di dunia yang diperoleh dari Guinness World Record. Dimana cabai ini memiliki SHU atau tingkat kepedasan yang luar biasa, yaitu 2.200.000. Jika dibandingkan dengan cabai merah biasa adalah 1:22.000.000. Bisa dibayangkan bagaimana dari hasil perbandingan kepedasan cabai ini dengan cabai lainnya, sangat pedas.

Baca juga: Cabe Habanero dan Kandungannya

Cabai ini merupakan hasil persilangan antara cabai Naga Pakistan dan Red Harbanero. Selain itu, cabai ini merupakan hasil perkebunan Pucker Butt Pepper Company di Fort Mill, South Carolina yang dikelola oleh Ed Currie. Nama Carolina banyak orang yang Tertarik untuk mencobanya? Anda bisa menemukannya di pusat perbelanjaan besar atau juga memesan secara online yang menyediakan sambal dalam toples. Tentunya sudah ada produk yang menyediakan saus sambal Carolina Reaper ini. Dengan predikat cabai terpedas di dunia, pasti banyak orang yang menyukai rasa pedas ingin mencoba sensasi pedas cabai ini.

Manfaat Cabe Carolina Reaper Untuk Kesehatan

Meski terpedas di dunia, cabai ini juga memiliki beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh jika dikonsumsi dengan cara dan jumlah yang tepat Berikut ini ada beberapa manfaatnya:

Menyembuhkan Pilek

Capsaicin adalah senyawa yang terkandung dalam carolina reaper yang memiliki sifat mengiritasi yang dapat menyebabkan selaput lendir hidung menjadi meradang saat dikonsumsi. Hal ini akan memicu selaput lendir untuk menghasilkan lendir berair yang berguna untuk mengeluarkan benda asing penyebab pilek.

Antiinflamasi

Salah satu senyawa kompleks yang terdapat pada Carolina Reaper yaitu capsaicin memiliki fungsi sebagai obat anti inflamasi. Hal ini karena capsaicin dapat mengurangi rasa sakit pada bagian tubuh yang bengkak dengan cara mengendurkan otot atau saraf pada bagian tersebut. Proses relaksasi ini akan dikirimkan ke otot dan akan merangsang rasa nyaman dan nyeri yang mereda pada bagian tubuh yang bengkak.

Baca juga: Cara penanaman cabe gendot

Anti Kanker

Capsaicin merupakan senyawa anti kanker yang dapat menghambat dan menghancurkan sel kanker. Capsaicin dapat mencegah perpindahan sel kanker dan juga dapat membunuhnya. Capsaicin diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dengan menginduksi siklus sel, apoptosis dan menghambat metabolisme sel. Tindakan ini dilakukan oleh capsaicin pada sel yang terindikasi mengalami pertumbuhan abnormal dan bukan pada sel normal.

Antioksidan

Cabai Carolina juga diketahui mengandung antioksidan di dalamnya. Salah satu kandungan antioksidannya adalah capsaicin yang bermanfaat sebagai penangkal efek buruk radikal bebas. Selain itu, cabai ini juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang memiliki banyak fungsi untuk kesehatan tubuh. Salah satu perannya adalah untuk melindungi organ mata dari sinar matahari yang dapat merusak kornea mata dan menyebabkan kebutaan. Kemudian, cabai ini juga mengandung senyawa beta-karoten di dalamnya yang berguna sebagai provitamin A dalam tubuh.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Cabai Carolina memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi di dalamnya. Vitamin C merupakan salah satu senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh yang berguna dalam meningkatkan kekebalan dalam tubuh. Vitamin C akan merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel darah putih yang berperan sebagai pelindung tubuh dari berbagai patogen asing yang masuk ke dalam tubuh. Selain memiliki manfaat Carolina Reaper juga memiliki Resiko bagi Kesehatan kita, resiko tersebut sebagai berikut :

Rasa Terbakar Di Mulut

Setelah makan makanan pedas, Anda akan merasa seperti mulut terbakar atau perih. Sensasi terbakar ini disebabkan zat capsaicin yang menempel pada indera perasa yang akan mengukur suhu cabai, kemudian mengirimkan sinyal sensasi terbakar ke otak. Kondisi ini bisa jauh lebih parah ketika Anda mengonsumsi Carolina Reaper yang kadar capsaicinnya sangat tinggi dapat mengiritasi kerongkongan. Sensasi terbakar di mulut juga bisa disertai dengan pembengkakan pada area mulut, berkeringat, lendir, dan air mata.

Baca juga: Jenis tanaman cabe yang terkenal

Gangguan Pencernaan

Saat makan makanan pedas, otak akan menerima sinyal rasa pedas sebagai ‘sakit’. Tubuh Anda akan bereaksi seolah-olah Anda sedang mengonsumsi sesuatu yang beracun. Mengonsumsi makanan pedas seperti Carolina Reaper dapat menimbulkan efek samping berupa gangguan pencernaan, seperti:

  • Sakit perut.
  • keram perut.
  • Sensasi panas saat buang air besar.

Jika Anda mengonsumsi Carolina Reaper dengan perut kosong, Anda mungkin juga mengalami kram perut yang menyakitkan. Muntah setelah mengonsumsi cabai pedas seperti Carolina Reaper bahkan bisa menyebabkan tenggorokan sore hari. Ini bukan karena cabai dimakan, tapi karena asam lambung naik dan melukai kerongkongan. ada juga kasus dimana seorang pria mengalami kerongkongan yang berlubang setelah mengkonsumsi sambal yang sangat pedas. Namun, lubang kerongkongan itu bukan karena cabai yang dikonsumsinya, melainkan karena muntahnya yang parah, kontraksi hebat saat muntah menyebabkan kerongkongan sakit dan berlubang.

Meningkatkan Risiko Penyempitan Pembuluh Darah

Pada tahun 2018, ada seorang pria mengalami berbagai masalah kesehatan setelah mengikuti kontes makan Carolina Reaper. Awalnya ia mengalami mual dan nyeri di leher yang kemudian menjadi sakit kepala thunderclap. Sakit kepala thunderclap adalah sakit kepala mendadak yang terasa sangat parah dan memuncak dalam beberapa menit. Hasil CT scan menunjukkan bahwa pria tersebut mengalami penyempitan beberapa pembuluh darah di otak. Untungnya, kondisi pasien kembali normal dalam waktu 5 minggu, dalam kasus yang jarang terjadi RCVS dapat menyebabkan stroke.

Jika Anda tertarik untuk mengonsumsi Carolina Reaper, sebaiknya lakukan dalam kondisi prima dan pastikan Anda tidak mengalami gangguan pencernaan yang dapat membahayakan kesehatan. Jangan juga mengkonsumsi secara berlebihan untuk menghindari efek buruk yang bisa terjadi. Demikian ulasan jual cabe hias tentang Manfaat Dan Risiko Cabai Carolina Reaper semoga bermanfaat.

About the author

Saya merupakan petani yang fokus dalam dunia digital, selain itu saya juga memiliki hoby membudidayakan tanaman terutama jenis jenis cabe hias.

Leave a Comment

Alamat Kami

Dsn. Genting,
Ds. Rogomulyo, Kec. kaliwungu,
Kab. Semarang