Cara Menyimpan Cabe Biar Awet

Cara Menyimpan Cabe Biar Awet

Cabe merupakan salah satu jenis sayuran yang paling sering kita temui. Selain sebagai sayuran, buah cabe ternyata termasuk sebagai bumbu dapur. Cabe sebagai sayuran dan bumbu dapur yang berasal dari alam.

Memiliki karakteristik dapat membusuk jika terlalu lama disimpan dalam suhu ruangan. Kelembapan dalam suhu ruangan mempengaruhi tingkat kebusukan cabe. Sehingga cabe bisa cepat busuk.

Cabe yang sudah busuk tentunya tidak dapat kita konsumsi karena bau dan tidak enak. Lalu, bagaimana cara menyimpan cabe biar wet dan tahan lebih lama. Sebelumnya, anda harus mengetahui berapa lama cabe mampu bertahan sebelum menggunakan cara ini dan sesudahnya.

Cara Menyimpan Cabe Biar Awet

Berapa Lama Cabe Mampu Bertahan?

Secara umum, sayuran termasuk pada bahan makanan yang sifatnya cepat busuk. Salah satu contohnya yaitu cabe. Cara penyimpanan yang salah pada cabe akan mengakibatkan cabe cepat busuk dan tidak layak konsumsi.

Cabe mampu bertahan selama 2 atau 3 hari dalam suhu ruangan. Tergantung pada tingkat kelembapan ruangan tempat menyimpan cabe. Semakin lembap ruangan tersebut semakin cepat cabe membusuk.

Jika anda menggunakan cara yang tepat untuk menyimpan cabe. Cabe mampu bertahan lebih lama hingga 3 bulan lamanya. Nah, bagaimana cara menyimpan cabe biar awet sampai 3 bulan? Berikut adalah jawabannya.

Cara Menyimpan Cabe Biar Awet

1 Hindari Mencuci Cabe dengan Air

Seperti yang kita ketahui, kelembapan mampu membuat sayuran cepat busuk. Termasuk mencuci buah cabe yang akan kita simpan. Menghindari mencuci cabe yang akan kita simpan merupakan langkah sederhana dengan efek yang besar.

Baca juga: Ukuran polybag untuk cabe dan manfaatnya

Kadar air yang menyentuh permukaan buah cabe, akan mempercepat proses pembusukan yang terjadi. Jadi, agar buah cabe mampu bertahan lebih lama jangan mencuci buah cabe tersebut. Jika hendak mencucinya, cucilah pada saat anda akan menggunakan atau mengkonsumsi cabe tersebut.

2 Memetik Cabe dengan Menyisakan Sedikit Tangkai

Jika anda memperoleh cabe dengan cara memetiknya langsung di perkebunan. Maka petiklah cabe dengan menyisakan sedikit tangkainya. Anda bisa memetik tangkainya dengan panjang tangkai kira- kira setengahnya dari panjang keseluruhan.

Memotong tangkai pada buah cabe secara keseluruhan akan mempercepat pembusukan. Jadi, petiklah cabe dengan cara benar.

3 Memilih Cabe yang Masih Segar

Sebagai petani yang memetik cabe maupun pembeli yang membeli cabe di pasar. Langkah yang benar adalah memilh cabe yang masih segar. Hindari memilih buah cabe yang sudah layu atau berkerut.

Tingkat kesegaran buah cabe akan mempengaruhi seberapa lama cabe dapat bertahan. Umumnya, cabe yang sudah layu atau terlihat basah akan cepat membusuk.

4 Memisahkan Cabe Layu dengan Cabe yang Segar

Langkah berikutnya, pisahkan cabe yang sudah layu dengan cabe yang masih segar. Cabe yang masih segar bisa saja cepat membusuk apabila berada atau berdekatan dengan cabe yang sudah busuk.

Cabe yang sudah busuk akan mengeluarkan air dan membuat lingkungannya menjadi lembap. Itulah penyebab, mengapa cabe yang segar bisa cepat busuk apabila berdekatan dengan cabe yang busuk.

5 Manfaatkan Bawang Putih agar Cabe Lebih Awet

Banyak orang sudah membuktikan efek penggunaan bawang putih dalam proses penyimpanan cabe. Bisa kita bilang juga menggunakan bawang putih merupakan cara menyimpan cabe biar awet yang sangat ampuh.

Caranya, siapkan wadah dan kupaslah bawang putih sebanyak satu atau dua siung tergantung banyaknya cabe yang akan anda simpan. Berikutnya, masukan cabe dalam wadah penyimpanan yang telah anda siapkan.

Sebelumnya, masukan tisu pada wadah tersebut. Tisu berperan sebagai media yang akan menyerap kelembapan pada wadah penyimpanan tersebut. Berikutnya, simpan cabe dan bawang putih.

Mengapa bawang putih mampu memperlambat pembusukan pada cabe? Karena bawang putih mengandung zat anti bakteri yang mampu memperlambat pertumbuhan bakteri pembusukan pada cabe.

6 Gunakan Wadah yang Rapat

Cara menyimpan cabe biar awet selanjutnya menggunakan wadah yang rapat. Gunakanlah wadah yang rapat dan tertutup. Jangan memilih wadah yang terbuka. Karena wadah yang terbuka untuk media penyimpanan cabe akan terpapar udara.

Udara akan mempengaruhi kelembapan cabe. Yang berakhir pada proses pembusukan yang begitu cepat. Meskipun menggunakan bawang putih, jika anda menggunakan wadah yang terbuka maka percuma saja.

Anda bisa memanfaatkan toples atau plastik untuk menyimpan cabe.

7 Tidak Mencampur Cabe dengan Sayuran Lain

Berikutnya, pisahkan cabe dengan sayuran lain. Setiap jenis sayuran memiliki waktu bertahan yang berbeda- beda dalam proses pembusukan. Ada sayuran yang cepat membusuk dan ada yang tidak. Sayuran yang cepat membusuk akan membuat wadah menjadi lembap bahkan berair.

Sehingga, mencampur cabe dengan sayuran lain akan mebuat cabe cepat busuk. Pun sebaliknya. jadi, pisahkan cabe dengan wadah khusus.

8 Menyimpan Cabe di dalam Kulkas

Seperti yang kita tahu, kulkas berguna untuk mengawetkan makanan atau minuman karena temperaturnya yang dingin. Anda bisa memanfaatkan kulkas untuk mengawetkan cabe. Setelah disimpan pada wadah yang rapat, anda bisa memasukkannya kedalam kulkas.

Temperatur kulkas yang dingin akan menghambat bahkan menghilangkan kelembapan. Sehingga, bentuk dan rasa cabe akan terjaga. Selain itu, karena suhunya yang dingin. Cabe yang anda masukkan ke dalam kulkas cenderung terjaga kesegarannya.

Hal ini juga berlaku untuk sayuran lain. Gunakanlah kantong kresek untuk menyimpan sayuran lain pada kulkas. Hal ini juga mencegah adanya bau tidak sedap pada kulkas.

Cara Menyimpan Cabe Biar Awet dengan Cara Pengawetan

Cara Menyimpan Cabe Biar Awet

Jika anda merasa cara menyimpan cabe biar awet melalui proses tadi kurang lama. Maka, anda bisa mencoba mengawetkan cabe dengan cara- cara berikut.

Baca juga: Obat hama cabe paling ampuh

1 Dikeringkan

Cara mengawetkan cabe yang pertama yaitu dengan cara pengeringan. Pengeringan ini bisa kita lakukan dengan cara konvensional maupun cara modern. Cara konvensional yaitu cara tradisional, anda bisa menjemur cabe di bawah sinar matahari sampai benar- benar kering.

Cara modern yaitu dengan cara memanggang cabe dalam microwave maupun oven. Gunakan loyang, lalu tata cabe kemudian masukan pada oven atau microwave. Cara tradisional membutuhkan waktu yang lbih lama dari cara modern.

2 Dibekukan

Selain pengeringan, kita juga bisa memanfaatjkan pembekuan. Berbeda dengan kulkas pending biasa, kali ini anda akan menfaatkan freezer. Gunakanlah plastik ziplock atau plastik apapun yang dapat menyimpan cabe dengan rapat.

Masukkan cabe pada plastik, lalu simpan pada freezer.

3 Mengawetkan Cabe Memanfaatkan Minyak Zaitun

Selanjutnya, mengawetkan cabe dengan memanfaatkan minyak zaitun. Siapkan minyak zaitun dalam toples. Ambil cabe yang akan diawetkan, oven terlebih dahulu agar cabe menjadi kering. Kemudian masukkan pada toples yang sudah berisi minyak zaitun.

Demikian cara menyimpan cabe dari kami jual cabe hias agar lebih tahan lama dan cara mengawetkannya. Dari cara- cara tersebut, manakah yang menurut anda paling mudah? Silahkan untuk mencoba. Terimakasih.

About the author

Saya merupakan petani yang fokus dalam dunia digital, selain itu saya juga memiliki hoby membudidayakan tanaman terutama jenis jenis cabe hias.

Leave a Comment

Alamat Kami

Dsn. Genting,
Ds. Rogomulyo, Kec. kaliwungu,
Kab. Semarang