Jenis Jenis Tanaman Cabe Yang Terkenal

Jenis Jenis Tanaman Cabe Yang Terkenal

Jenis Jenis Tanaman Cabe Yang Terkenal – Cabe merupakan salah satu jenis tanaman yang mempunyai rasa pedas. Cabe berasal dari Meksiko yang menyebar ke India, Cina, Turki hingga menyebar ke seluruh dunia pada abad 16 dan 17. Cabe merupakan salah satu jenis tanaman komersial yang telah dipopulerkan oleh banyak orang dan merupakan bahan masakan yang dapat dimakan langsung atau diolah dengan cara yang berbeda lalu dikeringkan, dimasak, atau ditambahkan ke pembuatan produk dalam bentuk saus dan bubuk. Ciri khas cabe rawit adalah rasa pedas yang disebabkan oleh kandungan alkaloid aktif atau yang biasa dikenal dengan capsaicin. Pada artikel kali ini jual cabe hias akan menjelaskan Jenis Jenis Tanaman Cabe yang terkenal.

Pengertian Cabe

Cabe adalah sejenis tanaman sayuran dengan rasa pedas dan biasanya digunakan dalam penyedap masakan. Cabe memiliki nama latin yaitu Capsicum annuum yang masih satu famili dengan tomat dan paprika. Jenis tanaman ini memiliki ukuran, warna, dan jenis yang berbeda-beda seperti cabe keriting, cabe hijau, cabe merah, cabe setan hingga cabe rawit.

Cabe dengan rasa yang pedas dapat mengatasi masuk angin dan sariawan serta dapat menghilangkan stres. Namun, makan terlalu banyak cabe bisa menyebabkan diare. Cabe bermanfaat dalam kesehatan dan kecantikan.Kandungan dalam cabe antara lain vitamin C, vitamin B6, vitamin K, vitamin A, kalium, dan tembaga. Cabe dengan kandungan karotenoid, lutein, antioksidan, asam sinapat, dan asam ferulat dapat mengobati berbagai penyakit kronis seperti kanker.

Jenis Jenis Tanaman Cabe

Berikut beberapa jenis tanaman cabe yang bisa Anda temukan di pasar tradisional atau modern diantaranya.

Cabe Merah Besar

cabe merah besar

Cabe berukuran panjang 10 hingga 15 cm dan diameter 2 hingga 3 cm. Cabe merah besar dengan kulit tebal dan tidak terlalu pedas serta berwarna merah cerah. Cabe merah besar panjang dan besar dan panjang dan lancip panjang. Cabe merah besar dengan permukaan kulit halus mengkilat dan kulit tebal seperti ada lilin pada kulitnya. Cabe merah besar dikenal dengan nama lain teropong cabe yang biasa dijadikan manisan atau biasanya diambil warnanya, struktur biji cabenya terlalu besar yang biasa digunakan dalam masakan Indonesia seperti bumbu khas Bali dan sambal balado.

Cabe Merah Keriting

cabe keriting
Cabe merah keriting memiliki bentuk yang panjang namun dengan diameter yang kecil jika dibandingkan dengan cabe lainnya yang biasanya memiliki ujung yang tajam dan cenderung lancip. Cabe merah keriting dengan kulit buah tidak halus tetapi bergelombang atau keriting dan relatif tipis. Cabe merah keriting dengan kadar air sedikit dan tekstur dagingnya padat serta bijinya melekat erat pada dagingnya. Cabe merah keriting hati dengan rasa sedikit lebih pedas dan digunakan sebagai tumisan atau diiris miring.

Cabe Merah Hijau
Cabe merah hijau merupakan jenis cabe merah besar namun dipanen dalam keadaan belum matang atau hijau. Cabe merah hijau tua memiliki tekstur yang renyah. Biasanya cabe merah dan hijau dinikmati dengan cara direbus atau digoreng sebelum diolah untuk mengurangi bau yang tidak sedap. Cabe hijau terbagi menjadi dua jenis, yaitu keriting dan besar. Cabe merah dan hijau cocok untuk bahan tumisan.

Cabe Rawit

cabe rawit
Cabe rawit merupakan salah satu jenis cabe yang paling umum di Indonesia. Ciri khas cabe ini adalah buahnya tumbuh menjulang ke atas. Warna buahnya hijau kecil saat masih muda dan saat sudah matang berwarna merah tua. Ada dua jenis cabe rawit yang banyak dijumpai, yaitu cabe rawit merah dan cabe rawit hijau. Cabe rawit merah ini memiliki rasa pedas yang cukup tajam.
Bahkan, cabe rawit merah ini sering disebut-sebut sebagai jenis cabe dengan tingkat kepedasan yang tinggi. Sedangkan jenis cabe hijau sebenarnya bukan cabe rawit yang belum matang. Namun, itu adalah jenis cabe sendiri. Cabe jenis ini berukuran kecil dan berwarna hijau tua. Jika Dibandingkan dengan cabe rawit merah, rasanya tidak terlalu pedas.

Cabe Hibrida
Cabe hibrida tergolong jenis cabe besar, namun yang membedakan cabe hibrida adalah melalui adanya persilangan modern dengan memperoleh varietas baru melalui proses seleksi tanaman yang dikembangkan. Namun cabe hibrida ini disebut manja dibandingkan cabe jenis lain yang tidak toleran di lahan terbuka.

Cabe Jalapeno

Jenis Jenis Tanaman Cabe Yang Terkenal cabe jalapeno
Jenis cabe ini berasal dari Meksiko dengan warna hijau hingga merah. Bentuk cabe ini mirip dengan peluru. Cabe ini memiliki tingkat kepedasan 2.500-8.000 Skala Scoville.

Cabe Gendol
Cabe gendol lebih gemuk dan bentuknya lebih besar dengan rasa yang lebih pedas dibandingkan jenis cabe rawit lainnya. Cabe gendol diwarnai dengan variasi mulai dari hijau, kuning, jingga, hingga merah menyala. Cabe gendol ini dikenal sebagai jenis cabe yang sangat pedas dengan ukuran kecil, bengkak atau cukup lebar. Anda bisa menemukan cabe gendol di daerah Dieng, Bandung, atau Wonosoba. Cabe gendol ini biasanya digunakan sebagai campuran acar dan lalapan.

Cabe Jawa

cabe jawa
Cabe jawa merupakan jenis cabe yang termasuk dalam famili sirih-sirih yaitu Piperaceae, bukan dari famili Capsicum annuum, namun pada intinya buah cabe memiliki rasa pedas. Oleh karena itu, cabe ini biasa disebut cabe herba.

Cabe Rocoto
Jenis cabe ini dapat ditemukan di Peru, Bolivia, Cabe, Argentina Utara, dan Ekuador. Cabe rocoto berbentuk bulat dengan daging tebal seperti paprika. Cabe rocoto memiliki rasa yang sangat pedas jika bijinya berwarna hitam dengan selaput buah berwarna merah.

Cabe Paprika Atau Paprika
Cabe paprika biasa dikenal dengan sebutan paprika dengan empat varian warna. seperti kuning, merah, hijau, dan jingga. Biasanya paprika hijau memiliki rasa pahit atau pahit dengan sedikit nutrisi dan paprika kuning dan oranye memiliki rasa manis dengan kandungan vitamin lebih banyak dan paprika merah memiliki kualitas yang lebih baik daripada jenis paprika lainnya. Jenis cabe ini dikategorikan ke dalam cabe yang kurang pedas atau cabe yang manis. Biasanya digunakan sebagai campuran salad dan aneka tumisan dan pizza karena teksturnya yang renyah.

Cabe Pelangi
Cabe pelangi atau cabe Numex twilight adalah varietas cabe yang dikembangkan oleh New Mexico State University. Cabe ini memiliki warna pelangi. Awalnya cabe ini akan berwarna ungu, kemudian berubah menjadi kuning dan oranye, dan ketika matang berubah menjadi merah. Di Indonesia, cabe ini sering digunakan sebagai tanaman hias.

Cabe Cengkeh
Paprika pimento berukuran besar dan berbentuk hati dengan warna merah. Cabe pimento memiliki panjang 7 hingga 10 cm dan lebar 5 hingga 7 cm. Jenis cabe ini memiliki daging yang manis, berair, dan beraroma jika dibandingkan dengan cabe merah.

Selain itu cabe juga memiliki manfaat.Berikut ada beberapa manfaat tanaman cabe antara lain:

  • Untuk Membunuh Sel Kanker

Kandungan capsaicin pada cabe dapat membunuh sel kanker sehingga dapat menghambat pertumbuhan kanker dan tumor.

  • Menjaga Fungsi Kognitif Dalam Tubuh

Kebutuhan jumlah oksigen dan zat besi dapat menjaga fungsi kognitif yang baik dengan mengkonsumsi cabe dapat menurunkan gangguan kognitif seperti penyakit alzheimer dan demensia.

  • Membentuk Sel Darah Merah

Mengkonsumsi cabe dapat menyembuhkan anemia dan kelelahan. Cabe mengandung zat besi dan tembaga yang berperan penting dalam pembentukan sel darah baru. Asam folat pada cabe bermanfaat dalam memproduksi sel darah merah dan mengatasi anemia.

  • Pereda Nyeri Alami

Kandungan capsaicin dalam cabe dapat mengurangi rasa sakit akibat aterosklerosis, yaitu penyempitan dan penebalan pembuluh darah di dalam tubuh. Cabe dengan kandungan capsaicin dapat melemahkan reseptor sensorik dan memiliki efek anti inflamasi.

  • Menurunkan Berat Badan

Kandungan capsaicin dapat mendorong stimulasi lemak yang menghasilkan peningkatan kinerja metabolisme tubuh. Peningkatan metabolisme dapat menghasilkan pembakaran lemak yang optimal. Keunggulan tersebut dapat membantu Anda menurunkan berat badan secara alami. Namun, bukan berarti untuk menurunkan berat badan Anda hanya bisa mengonsumsi cabe.
Demikian ulasan tentang Jenis Jenis Tanaman Cabe Yang Terkenal semoga bermanfaat.

About the author

Saya merupakan petani yang fokus dalam dunia digital, selain itu saya juga memiliki hoby membudidayakan tanaman terutama jenis jenis cabe hias.

Leave a Comment

Alamat Kami

Dsn. Genting,
Ds. Rogomulyo, Kec. kaliwungu,
Kab. Semarang