Manfaat Garam Untuk Tanaman Cabe

Manfaat Garam Untuk Tanaman Cabe

Garam biasanya digunakan sebagai bumbu, maupun untuk kebutuhan lainnya. Tahukah anda, bahwa garam mempunyai manfaat yang besar untuk tanaman khususnya tanaman cabe.

Garam atau natrium klorida (NaCl) mampu membuat sebuah tanaman tumbuh dengan baik. Penggunaan garam memberikan manfaat yang cukup besar seperti menyuburan tanah dan mampu mengusir hama.

Namun, pemakaian garam yang terlalu banyak justru akan merusak atau meracuni tanaman cabe. Agar lebih jelas, berikut manfaat garam untuk tanaman cabe hias.

Manfaat Garam Untuk Tanaman Cabe

Manfaat Garam Untuk Tanaman Cabe

1 Menyuburkan Tanah

Manfaat yang paling terasa yaitu menyuburkan tanah. Garam mengandung dua zat yaitu natrium dan klorida. kedua zat tersebut mampu menciptakan kesuburan tanah. Penyebabnya, garam dapat mendatangkan mikro organisme yang bermanfaat dalam kesuburan tanah.

Contohnya yaitu cacing. Pada takaran yang pas, garam memberikan kesuburan tanah yang maksimal untuk media penanaman cabe. Tanah yang subur tentunya akan memberikan unsur hara yang baik bagi tanaman cabe. Alhasil tanaman cabe bisa tumbuh dengan sehat.

2 Sebagai Pupuk Alami Tanaman Cabe

Agar bisa merasakan manfaat dari garam untuk tanaman cabe. Maka, garam bisa dijadikan pupuk sebagai pupuk alami untuk tanaman cabe. Pemupukan ini memberikan kadar natrium yang setara dengan pupuk pada umumnya.

Pupuk garam alami ini bisa mempercepat pertumbuhan tanaman cabe loh. Pemupukan ini dapat anda lakukan secara berkala untuk memenuhi nutrisi tanaman cabe. Selain memiliki manfaat yang besar bagi tanaman, pupuk garam juga sangat ekonomis.

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk proses pemupukan. Garam yang baik untuk pemupukan alami adalah garam inggris. Garam inggris ini juga mengandung mineral yang baik yaitu megnesium dan sulfat.

3 Menetralkan Tanah untuk Media Tanam

Tanah mempunyai tingkat keasaman yang berbeda- beda. Tidak semua tanah cocok menjadi media tanam tanaman cabe. Terkadang ada tanah yang terlalu asam maupun teralu basa. Sehingga, tanaman cabe tidak mampu tumbuh dengan baik.

Untuk mensiasati hal tersebut, petani dapat menggunakan garam untuk mentralkan tanah tersebut agar kembali pada level yang seimbang. Sehingga cocok menjadi media tanam tanaman cabe.

4 Meningkatkan Kekuatan Tanaman Cabe

Tahukah anda, bahwa tanaman cabe termasuk pada salah satu tanaman yang mudah terserang hama maupun penyakit. Pada kondisi tertentu, bisa saja tanaman cabe terserang hama bekicot, maupun penyakit seperti daun menguning dan sebagainya.

Pupuk garam dapat mencegah hal tersebut. Dalam hal ini, pupuk garam akan meningkatkan kekuatan dan ketahanan tanaman cabe. Sehingga tidak mudah diserang oleh hama bekicot dan penyakit lainnya. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

5 Sebagai Penjaga Kadar Air

Pada saat musim kemarau, biasanya kandungan air pada tanah akan menurun. Anda dapat memanfaatkan garam untuk menjaga kadar air pada tanah. Sehingga tanaman cabe tidak kekeringan. Garam dengan kandungan natrium clorida mampu menjaga kadar air pada musim kemarau.

6 Bagus untuk Kualitas Daun

Salah satu bagian tanaman yang dapat diperkuat menggunakan garam yaitu bagian daun. Garam mampu meningkatkan kualitas daun tanaman. Sehingga daun tanaman tidak mudah gugur maupun terkena penyakit seperti layu, busuk, keriting, maupun menguning.

Peningkatan kualitas daun ini berasal dari penyerapan nutri yang maksimal oleh tanaman cabe. Sehingga, tanaman cabe bisa memperbaiki sel- sel yang rusak pada bagian daunnya.

7 Mencegah Hama dan penyakit pada Tanaman cabe

Manfaat garam untuk tanaman cabe berikutnya yaitu sebagai upaya pencegahan terhadap hama dan penyakit. Banyak sekali jenis hama dan penyakit yang dapat merusak tanaman cabe. Seperti serangga, bekicot, dan jamur.

Garam juga mengandung kalium yang bermanfaat untuk proses pertumbuhan tanaman cabe. Kalium dan Fosfor bermanfaat untuk mempercepat tanaman cabe berbuah. Setelah mengetahui manfaat garam untuk tanaman. Bagaimana cara membuat pupuk garam untuk tanaman cabe? Berikut jawabannya.

8 Meningkatkan Kemampuan Penyerapan Nutrisi Tanaman Cabe

Garam inggris mengandung zat yang mampu meningkatkan kemampuan tanaman cabe dalam penyerapan nutrisi. Artinya, tanaman cabe dapat menyerap nutrisi yang terkandung dalam tanah secara maksimal.

Baca juga: Cara menyimpan cabe biar awet

Sehingga, proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabe sangat terjaga. Apabila tanaman cabe berada dalam kondisi tersebut, bukan tidak mungkin buah yang dihasilkan pun akan memberikan keuntungan bagi petani cabe.

Apalagi dengan harga cabe yang melambung semakin tinggi.

Cara Membuat Pupuk Garam untuk Bibit Tanaman Cabe

1 Menyiapkan Alat dan Bahan

Untuk membuat pupuk garam, anda harus mempersiapkan alat dan bahan. Alat dan bahan yang harus disiapkan yaitu sebagai berikut:

-Garam Inggris atau garam biasa jika tidak ada

-Air secukupnya

-Gelas Plastik berukuran 200 ml

-Tutup botol

-Sendok makan

2 Cara Membuat Pupuk Garam untuk Tanaman Cabe

Setelah menyiapkan alat dan bahan, anda bisa memulai membuat pupuk garam untuk tanaman cabe. Caranya yaitu sebagau berikut.

1 Ambillah garam dengan takaran 1/2 sendok makan lalu masukkan pada tutup botol.

2 Masukkan garam dalam tutup botol pada gelas plastik berukuran 200 ml.

3 Tambahkan air sebanyak 200 ml kemudian larutkan garam hingga bercampur.

4 Selamat anda telah berhasil membuat pupuk garam untuk tanaman cabe.

Takaran garam untuk pupuk alami ini bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan. Tergantung pada luasnya area tanaman cabe. Jika sudah jadi, selanjutnya anda harus mengaplikasikan pupuk garam tersebut secara langsung pada tanaman cabe.

Cara Mengaplikasikan Pupuk Garam pada Tanaman Cabe

Cara mengaplikasikan pupuk garam pada tanaman cabe yaitu sebagai berikut.

1 Ambillah gelas plastik yang berisi pupuk alami. Agar lebih mudah, anda dapat menggunakan wadah yang berbentuk poci takar.

2 Siramkan air pada tanah media tanam tanaman cabe. Untuk batasan penyiraman, satu media tanam sebanyak 50 ml. Jika areanya luas, anda dapat menyesuaikannya.

3 Hindari penyiraman yang brutal. Maksudnya, pastikan penyiraman hanya mengenai tanah. Bukan bagian batang maupun daun tanaman cabe. Sebab, bukannya memberi efek yang bagus malah akan merugikan atau merusak tanaman cabe.

4 Berhati- hatilah saat penyiraman berlangsung. Agar tanaman cabe mendapatkan manfaat yang maksimal dari pupuk alami ini.

5 Lakukan penyiraman pupuk garam alami dengan jadwal 2 minggu sekali pada tanaman cabe. Waktu penyiraman yang baik yaitu pukul 7 pagi. Pada kondisi ini, panas matahari belum terik sehingga tanah dan tanaman cabe mampu menyerap pupuk dengan baik.

Perlu anda ketahui pupuk garam alami ini digunakan pada tanaman cabe yang masih berbentuk bibit.

Baca juga: Obat hama cabe paling ampuh

Demikian bahasan mengenai manfaat garam untuk tanaman yang dapat saya sampaikan. Masih banyak manfaat lain dari garam yang berguna untuk tanaman. Jadi, bukan hanya tanaman cabe yang dapat merasakan manfaat pupuk garam.

Berbagai tanaman baik sayuran, dan palawija lainnya pun bisa memanfaatkan pupuk alami ini. Selamat mencoba.

About the author

Saya merupakan petani yang fokus dalam dunia digital, selain itu saya juga memiliki hoby membudidayakan tanaman terutama jenis jenis cabe hias.

Leave a Comment

Alamat Kami

Dsn. Genting,
Ds. Rogomulyo, Kec. kaliwungu,
Kab. Semarang