Obat Hama Cabe Paling Ampuh

Obat Hama Cabe Paling Ampuh

Hama merupakan segala bentuk gangguan baik pada manusia maupun makhluk hidup lainnya seperti tanaman dan hewan. Dalam budidaya tanaman, hama adalah gangguan organisme yang dianggap merugikan bagi tanaman tersebut.

Baca juga: Jual cabe hias

Sedangkan, hama pada tanaman cabe yaitu segala bentuk gangguan organisme yang merugikan tanaman cabe sehingga membuat tanaman cabe menjadi rusak, patah, bahkan mati. Ketika hama menyerang, daun- daun pada tanaman cabe bisa rusak seperti bolong- bolong.

Bahkan, hama dapat merusak buah cabe dan batangnya. Sehingga, buah cabe tidak layak lagi dikonsumsi maupun dijual sebab cabe busuk. Lebih parahnya, hama juga dapat mematikan tanaman cabe. Nah, bagaimana cara mengatasi hama? Berikut jawabannya.

Obat Hama Cabe Paling Ampuh

Obat Hama Cabe Paling Ampuh

Untuk mengusir hama, petani bisa menggunakan obat hama cabe paling ampuh. Obat hama mengandung pestisida yang berguna untuk menghilangkan hama dari tanaman cabe. Obat untuk mengusir hama pada tanaman cabe yaitu pestisida.

Apa itu pestisida? Pestisida merupakan zat kimia atau bahan yang berfungsi untuk membasmi hama seperti gulma, organisme pengganggu dan sebagainya. Dalm hal ini pestisida mampu membasmi organisme yang menggangu tanaman cabe.

Sekaligus mengusir tanaman pengganggu pada budidaya cabe. Tahukah anda, bahwa ternyata pestisida sebagai obat hama ternyata bermacam- macam jenisnya? Berikut adalah jenis- jenis pestisida untuk cabe.

Baca juga: Ukuran polybag untuk cabe dan manfaatnya

Jenis- Jenis Pestisida untuk Cabe

1 Akarisida

Jenis pestisida yang pertama yaitu akarisida. Akarisida merupakan bahan atau zat kimia yang mampu membasmi hama berbentu kutu pada tanaman cabe. Kutu- kutu tersebut memiliki efek yang buruk pada daun tanaman. Karena bisa membuat daun tanaman menjadi kecil atau kerdil. Contoh hama kutu yaitu tungau dan kutu daun. Kedua organisme tersebut bisa membuat daun cabe menjadi keriting

2 Fungisida

Sesuai dengan namanya, fungisida berhubungan dengan organisme kelompok fungi atau jamur. Fungisida dapat membasmi hama yang berasal dari jamur atau cendawan. Hama yang tampak pada tanaman cabe bisa berupa serbuk atau tepung maupun ada yang cair. Hama jenis ini bisa membuat buah cabe menjadi busuk, daunnya layu bahkan busuk, batang tanaman busuk, dan patek.

3 Bakterisida

Bakterisida adalah jenis pestisida yang tidak berhubungan dengan hama namun lebih tepatnya pada penyakit tanaman cabe yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri yang berkembang biak bisa saja membawa penyakit pada tanaman cabe. Efek buruk bakteri dapat membuat cabe menjadi busuk, layu, maupun daun dan batangnya bercak- bercak.

4 Insektisida

Insektisida merupakan salah satu jenis pestisida yang berguna untuk membasmi hama berbentuk serangga. Ada banyak sekali jenis serangga yang dapat merusak tanaman cabe. Biasanya, hama serangga tersebut akan memakan daun- daun maupun batang tanaman cabe.

Tidak hanya itu, serangga juga bisa memakan buah cabe yang masih muda maupun yang sudah matang. Contoh sari hama serangga tersebut yaitu ulat,jangkrik, belalang, lalat, orong- orong, dan sebagainya.

5 Nematisida

Kemudian Nematisida berperan untuk membasmi hama yang berada dalam tanah. Hama tidak hanya berada dalam permukaan tanah. Akar dari tanaman cabe juga bisa terkena efek buruk dari hama. Misalnya cacing. Cacing yang menjadi hama itu berbeda dengan cacing yang justru menggemburkan tanah.

Rekomendasi Obat Hama Cabe Paling Ampuh Pestisida

Obat Hama Cabe Paling Ampuh

Untuk memilih obat hama cabe yang paling ampuh, kita harus menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kondisi. Jika petani mengalami masalah hama yang berasal dari serangga, alangkah baiknya menggunakan pestisida jenis insektisida dengan merek tertentu.

1 Phefoc Pestisida Organik

Phefoc pestisida organik hadir sebagai obat hama dengan kandungan insektisida organik yang aman bagi tanaman cabe. Obat ini mampu membasmi hama berupa lalat, belalang, semut, aro. kutu daun, ulat dan hama lainnya. Produk ini bekerja dengan menggunakan aroma atau bau serta rasa yang tidak disukai oleh hama.

Phefoc pestisida organik akan merusak jaringan tubuh hama serta meracuni perut hama. Dengan begitu, hama akan mati. Keunggulan dari produk ini, pada saat penyemprotan petani tidak perlu menggunakan masker. Selain itu, terdapat kandungan pupuk yang bermanfaat untuk menyehatkan tanaman cabe.

Baca juga: Cara menanam cabe di rumah

2 Nopatek Fungisida

Nopatek Fungisida merupakan obat hama jenis fungisida dengan kombinasi jamur anti penyakit untuk tanaman khususnya cabe. jadi, selain mampu mengusir hama nopatek juga bisa berguna untuk membasmi penyakit pada cabe.

Adapun hama yang dapat diatasi yaitu busuk buah, busuk akar, busuk batang, akar bengkak, gemini, bercak, busuk daun, dan penyakit lainnya.

3 BVR Nasa

Rekomendasi obat hama cabe berikutnya yaitu BVR Nasa. Cara kerja BVR Nas yaitu masuk melalui mulut organisme kemudian menghancurkan sistem organnya dari dalam. Apabila mengenai kulit organisme, maka akan menghancurkan kulit organisme tresebut dengan enzim.

BVR mampu membasmi hama wereng, kutu daun, walang sangit, dan sebagainya. Keunggulan dari BVR dapat digunakan jangka panjang. Serta ramah terhadap lingkungan.

Obat Hama Cabe Paling Ampuh Alami

Selain menggunakan pestisida, berikut adalah obat hama cabe alami yang dapat anda coba untuk mengusir hama tanaman.

1 Daun Pepaya

Pertama, obat hama cabe alami dari daun pepaya. Cara membuat obat hama ini dengan cara menyiapkan 1 kg daun pepaya. Kemudian haluskan dengan blender maupun dengan cara ditumbuk. Setelah halus, campurkan daun pepaya tersebut dengan 10 liter air bersih.

Gunakan daun pepaya yang masih segar. Agar kandungannya bagus untuk membasmi hama. Simpan campuran tersebut selama sehari semalam atau 24 jam. Setelah itu, anda boleh menyemprotkannya pada tanaman cabe yang terkena hama.

2 Daun Sirsak

Siapkan daun sirsak sebanyak 100 lembar, kemudian haluskan dengan cara di blender atau ditumbuk. Campurkan dengan air sebanyak 5 liter, lalu peras. Ambil air perasannya lalu tambahkan deterjen sebanyak 1 sendok makan.

Simpan campuran tersebut selama 1 malam. Untuk pengaplikasiannya, campurkan campuran tadi dengan air sesuai perbandingan 1:10. Semprotkan pada tanaman cabe yang bermasalah.

3 Brotowali

Cara membuat obat hama alami untuk tanaman cabe dari brotowali yaitu menyiapkan brotowali dan kunyit masing- masing 1 kg. Kapur 10 sendok makan dan air 30 liter. Caranya sama dengan pembuatan obat hama dari pepaya maupun daun sirsak. Ambil air perasannya, kemudian semprotkan pada tanaman cabe.

4 Daun Tembakau

Daun tembakau juga bisa mejadi obat hama alami yang patut anda coba. Siapkan 250 gr daun tembakau, air secukupnya, abu dapur 1 kg, dan belerang 3000 gram. Campurkan semua bahan dalam satu wadah. Simpanlah selama 4-5 hari untuk mendapatkan zat pembasmi hama.

Setelah itu, saring dan peras. Ambillah air perasannya, lalu semprotkan pada tanaman cabe yang terkena hama.

Sesuaikan banyaknya obat hama dengan luas kebun cabe yang anda punya. Sebab, setiap area mempunyai kebutuhan yang berbeda.

About the author

Saya merupakan petani yang fokus dalam dunia digital, selain itu saya juga memiliki hoby membudidayakan tanaman terutama jenis jenis cabe hias.

Leave a Comment

Alamat Kami

Dsn. Genting,
Ds. Rogomulyo, Kec. kaliwungu,
Kab. Semarang