Pupuk untuk Mempercepat Pertumbuhan Cabe

Pupuk untuk Mempercepat Pertumbuhan Cabe

Pada tanaman cabe, pemberian pupuk ini sangat penting untuk dilakukan. Dengan memberikan pupuk yang tepat, tanaman cabe bisa mendapatkan nutrisi yang tepat untuk berkembang dan tumbuh dengan baik. Apa lagi, jika Anda ingin tanaman cabe hias berbuah dengan lebat pasti harus melakukan proses pemupukan.

Dari banyaknya jenis pupuk yang beredar di pasaran, pupuk jenis apa yang mampu mempercepat pertumbuhan cabe?

Nah, pada artikel berikut ini kami telah merangkum materi mengenai jenis pupuk, kandungan nutrisinya, pemilihan pupuk yang baik, dan juga cara mengaplikasikan pupuk yang benar sesuai dengan umur tanamnya. Berikut penjelasan mengenai Pupuk untuk Mempercepat Pertumbuhan Cabe

Baca juga: Jenis cabe terpedas di Indonesia

Jenis-Jenis Pupuk

Pupuk sendiri terbagi menjadi dua golongan, yaitu pupuk organik dan pupuk anorganik. Pupuk organik sendiri yaitu pupuk yang berasal dari bahan-bahan alamiĀ . Misalnya saja kotoran hewan, daun, sisa tanaman, dan juga kompos.

Sedangkan, pupuk anorganik ialah pupuk buatan yang diproduksi oleh pabrik dan diperjual belikan dengan menggunakan kemasan. Dengan menggunakan unsur kimia, pupuk anorganik mampu meningkatkan nutrisi pada tanah termasuk menambah unsur hara.

Karena terbuat dari pabrik, pupuk ini memiliki kandungan unsur yang terdiri dari mikro dan makro. Pupuk anorganik mikro terbuat dari kumpulan Ca, S, dan Mg yang ditambah dengan unsur hara mikro seperti Mo, Mn, Cu, B, Fe, dan Zn. Sedangkan pupuk anorganik makro terdapat unsur yaitu N, P, K.

Kandungan Nutrisi Pada Pupuk Anorganik

Pada pupuk anorganik terdapat beberapa nutrisi yang berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan cabe. Berikut ialah beberapa jenis pupuk anorganik dengan kandungan nutrisi dan manfaatnya, yaitu :

Pupuk NPK

Pupuk NPK terdiri dari beberapa jenis, yaitu NPK 30-6-8, NPK 16-16-16, dan NPK 15-15-15. Angka yang tertera pada setiap pupuk NPK ini menandakan jumlah unsur yang terdapat dalam pupuk tersebut. Misalnya saja, pada pupuk NPK 16-16-16 mengandung nitrogen sebesar 16%, fosfor 16%, serta kalium 16%.

Pada pupuk NPK 16-16-16 memiliki kandungan unsur nitrat nitrogen, phosphate, serta kandungan ammonium nitrogen. Phospate sendiri mengandung calcium oxide, magnesium oxide, serta potassium oxide.

Pupuk NPK biasanya memiliki bentuk berupa butiran-butiran atau granul yang memiliki ukuran sekitar 1-4 mm. Namun, produk yang beredar pada pasar cukup bervariasi. NPK padat berbentuk briket, bubuk, granul, tablet, dan juga pellet. Sedangkan NPK cair terdiri dari beberapa tingkat kelarutan.

Setiap merk dan jenis pupuk NPK ini disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan tanaman cabe.

Manfaat Pupuk NPK

Berikut adalah beberapa manfaat pemberian pupuk NPK pada tanaman cabe :

  1. Membuat tanaman menjadi lebih hijau
  2. Merangsang pertumbuhan akar, perkembangan jaringan
  3. Merangsang pembentukan bunga serta mempercepat pematangan buah
  4. Meningkatkan daya tahan tanaman agar tidak mudah terkena bakteri dan virus
  5. Membantu proses penyerapan unsur hara dan air pada seluruh jaringan tanaman
  6. Meningkatkan kandungan protein agar pertumbuhan tanaman menjadi lebih cepat panen

Pupuk Kalium

Pupuk kalium masuk ke dalam kategori pupuk tunggal. Selain itu, pupuk ini terdiri dari pupuk kalium klorida atau pupuk KCI, kalium sulfat, dan patent kali. Bentuk dari kalium sulfat yaitu butiran-butiran kecil dengan warna putih yang terdiri dari campuran kalium oksida dan asam belerang.

Jenis pupuk KCI memiliki kandungan K20 yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan sulfat. Sedangkan kalium patent kali khusus untuk daerah sub troppis.

Manfaat Pupuk Kalium

Berikut adalah beberapa manfaat pemberian pupuk kalium pada tanaman cabe

  1. Memperkuat batang cabe agar tidak mudah patah
  2. Mempercepat pertumbuhan cabe dengan meningkatkan pertumbuhan unsur hara dalam tanah
  3. Mampu meningkatkan penyerapan ios positif yang ada pada tanaman agar tidak mudah layu dan tetap segar

Pupuk Kalsium

Pupuk Untuk Mempercepat Pertumbuhan Cabe selanjutnya yaitu pupuk yang memiliki unsur kalsium. Meski unsur kalsium dalam tanaman cabe sudah terpenuhi, namun pemberian pupuk ini juga penting digunakan pada tanaman cabe. Pupuk kalsium berpengaruh dalam pertumbuhan generative maupun vegetatif.

Baca juga: Cabe buah atau sayur

Manfaat Pupuk Kalsium

Berikut adalah beberapa manfaat pemberian pupuk kalsium pada tanaman cabe

  1. Mencegah kerontokan bunga pada tanaman cabe
  2. Merangsang pertumbuhan biji cabai dengan cepat
  3. Meningkatkan penyerapan unsur hara pada tanah dengan melalui akar
  4. Mampu Menetralisir asam organisme pada saat terjadinya metabolisme
  5. Meningkatkan daya tahan cabe agar tidak mudah layu saat kekeringan
  6. Merangsang pembentukan bulu-bulu akan cabe agar batang semakin keras

Pemberian kalsium dengan tepat juga akan membuat tanaman tidak kerdil dan bisa tumbuh tinggi. Hal ini juga mampu membuat daun tidak mudah kuning, kuncup dan mampu terhindar dari berbagai virus serta bakteri yang mengintai tanaman.

Menentukan Pupuk untuk Tanaman Cabe

Untuk menghasilkan tanaman cabe yang berkualitas dengan kandungan nutrisi yang tepat serta pertumbuhan buah yang maksimal, maka tidak bisa sembarangan untuk memilih jenis pupuk dan memadukannya.

Diperlukan pertimbangan yang matang untuk memilih jenis pupuk yang sesuai, Hal ini bisa diperhitungkan dengan mengetahui kebutuhan unsur hara mikro atau pun makro tanaman tersebut.

Pada pemupukan dasar, pupuk yang cocok untuk tanaman yaitu berbentuk butiran atau granul yang diimbangi dengan pemberian booster tanah berbentuk pasta maupun cair. Sedangkan, untuk perawatan, pupuk cair sangat disarankan karena mudah terserap oleh tumbuhan.

Untuk memilih pupuk yang memiliki kualitas bagus, Anda bisa melakukan beberapa pertimbangan dengan spesifikasi berikut ini :

  1. Meningkatkan jumlah panen
  2. Mencegah tumbuhan layu dan bakteri
  3. Menghindari kerontokan bunga dan buah cabe
  4. Menghindari stress tanaman saat pindah tanah
  5. Mencegah agar tanaman dari penyakit antraknosa
  6. Merangsang pertumbuhan dan keluarnya bunga cabe

Dari pertimbangan yang telah Anda lakukan, maka Anda bisa memilih jenis pupuk dan memadukan beberapa jenis pupuk dalam proses penanaman cabe. Biasanya, pupuk yang sering digunakan oleh petani cabe yaitu pupuk NPK.

Selain itu, terdapat satu jenis pupuk yang sering digunakan oleh para petani yaitu pupuk phonska. Penggunaan pupuk ini yaitu dengan cara melarutkan dan mengocor untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Baca juga: Jenis cabe yang terkenal

Adapun manfaat dari pemberian larutan phonska cari ini yaitu :

  1. Membuat tanaman menjadi lebih kuat dan kokoh agar tidak mudah roboh
  2. Merangsang pembentukan bunga dan buah agar tanaman menjadi lebih lebat
  3. Tanaman nampak lebih segar dan sehat serta membuat daun tanaman berwarna lebih hijau

Selain pupuk NPK dan pupuk Phonska, masih banyak lagi Pupuk Untuk Mempercepat Pertumbuhan Cabe yang bisa Anda beli pada toko pertanian.

Pupuk Organik untuk Pertumbuhan Cabe

Penggunaan pupuk organik bisa Anda gunakan agar tanaman cabe tumbuh dan berbuah dengan maksimal. Pupuk organik juga mampu memaksimalkan hasil pertanian yang menghasilkan kualitas bagus.

Pupuk organik sendiri bisa Anda buat sendiri maupun membelinya pada toko pertanian. Anda bisa membuat pupuk ini dengan sisa makanan, daun, sisa tanaman, maupun menggunakan kotoran hewan.

Keunggulan Pupuk Organik

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dalam menggunakan pupuk organik sejak pemilihan bibit, yaitu :

  1. Merendam bibit cabe dengan pupuk organic membuat benih terbebas dari penyakit tulat benih. Mampu meningkatkan kualitas kecambah benih yang lebih besar dan tumbuh dengan cepat
  2. Mampu menggemburkan tanah serta menyuburkan lahan tanam agar kandungan nutrisinya tidak hilang dan rusak
  3. Pupuk organic membuat tanah menjadi tetap sehat, gembur, dan subur. Sehingga kualitas cabe tetap terjaga dari waktu ke waktu

Cara Pemupukan Cabe Sesuai dengan Umur Tanam

Jika Anda telah memahami jenis, fungsi, dan juga pemilihan pupuk yang bagus, maka langkah selanjutnya yaitu dengan pemberian pupuk yang benar sesuai dengan umur tanam. Jika anda menginginkan cabe berbuah dengan lebat maka Anda harus melakukannya dengan benar.

Pemberian pupuk sendiri disesuaikan dengan kondisi, keadaan, serta usia dari tanaman agar tidak terjadi kesalahan saat memberikan pupuk. Jangan sampai niat hati ingin cabe berbuah lebat, yang terjadi malah layu dan mati.

Inilah beberapa tahapan yang harus Anda lakukan sesuai dengan usia tanam

Pemberian Pupuk Usia Tanam 1 sampai 30 Hari

Pada usia 1 hingga 30 hari, tanaman cabe akan sangat rentang karena akar dan daya hidupnya sangat kurang. Pada tahap ini pupuk yang cocok yaitu pupuk kompos maupun pupun kandang. Penggunaan pupuk kimia dianggap kurang baik diberikan pada waktu ini.

Anda bisa menggunakan kotoran ayam kering yang dicampur dengan tanah dengan perbandingan 1:3. Campurkan pupuk tersebut pada tanah sekitar tanaman cabai dengan cara menaburkan.

Hal penting yang harus Anda ketahui yaitu jangan memberikan pupuk kimia seperti TSP, KCI, dan urea pada tanaman di bawah umur 30 hari terlebih lagi saat proses penyemaian. Ph dari pupuk tersebut tidak baik untuk proses kecambah tanaman karena bisa membuat tanaman layu dan mati.

Pemberian Pupuk Usia Awal Tanam

Pada tahapan ini, tanaman cabe sudah siap mendapat rangsangan dari pupuk anorganik. Anda bisa menggunakan pupuk Urea dengan larutan phonska cair, TSP, maupun NPK.

Meski telah mendapat pupuk kimia, pemberian pupuk organik jangan dihentikan. Hal ini mampu membuat kondisi tanah akan terganggu karena pupuk kimia. Fungsi pemberian pupuk organik ini untuk menjaga tanah agar tetap gembur dan bisa digunakan kembali pada waktu berikutnya.

Pemberian Pupuk Jelang Berbuah

1.1 Pupuk untuk mempercepat pertumbuhan
1.1 Pupuk untuk mempercepat pertumbuhan

Jika tanaman cabe sudah memasuki usia berbuah, maka pemberian pupuk kimia harus Anda hentikan. Apa lagi jika tanaman sudah berbunga dan melalui proses penyerbukan. Meski demikian, pemberian pupuk masih bisa Anda lakukan dengan menggunakan pupuk organik bersama larutan phonska cari.

Anda bisa menggunakan tai ayam kering untuk memupuk tanaman cabe. Caranya yaitu dengan menggali tanah pada sekitar area cabe dan memasukkan tai ayam kering ke dalamnya. Pupuk organik ini bertujuan untuk memberikan unsur hara serta memperlancar sirkulasi udara yang ada dalam tanah.

Kesimpulan dan Penutup

Agar tanaman cabe mampu tumbuh dengan cepat dan menghasilkan buah yang berkualitas, pastikan Anda memberikan pupuk yang benar. Selain itu, pastikan bahwa proses pemupukan yang Anda lakukan tidak salah agar tanaman cabe Anda tidak mudah layu dan mati.

Untuk hasil yang lebih optimal, jangan pernah meninggalkan pupuk organik. Karena, dengan pemberian pupuk ini tanaman Anda akan menjadi lebih sehat dan unsur hara dalam tanah tidak akan mudah rusak.

Demikian artikel mengenai Pupuk Untuk Mempercepat Pertumbuhan Cabe berikut ini. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar cabe silahkan tulis pada kolom komentar. See you next artikel and bye bye!

About the author

Saya merupakan petani yang fokus dalam dunia digital, selain itu saya juga memiliki hoby membudidayakan tanaman terutama jenis jenis cabe hias.

Leave a Comment

Alamat Kami

Dsn. Genting,
Ds. Rogomulyo, Kec. kaliwungu,
Kab. Semarang